January 9, 2013

Karimun Java Uforia ( Day 2 )

- December 30th, 2012 -

Pagi ini kita diwajibkan bangun pagi, karna jam 8 udah snorkling. kemarin malam kita udh di briefing sama Pak Mul, dia yang megang Karimun ini, mungkin dia ketua travel disini, udah ngasih tau kita apa" aja yang harus dbawa, pakaian seperti apa yang harus dikenakan,dsb.

jadi, jam 8 kita harus sudah di dermaga. pakai pakaian yang siap basah, boleh bawa ganti tapi bakal ribet. jadi siap aja dah berbasah-basahan seharian. boleh bawa kamera pribadi tapi pakai tas biar ga langsung kena air. lebih baik pakai sandal daripada sepatu, sendal aja ga bakal kepakai nanti. ;D terus selama kegiatan berbasah-basahan ini kita dwajibkan menggunakan rompi pelampung, untuk keaman kita, rompinya sudah disiapkan pihak sana beserta alat-alat snorkling. dan agenda kita hari ini kemana aja? ngapain aja?
- 08.45 : First place on this day, goes to Menjangan Kecil, west side of Karimun Java. SNORKLING!!! -

kita naik touring boat yang ukurannya lebih kecil dari touring boat tetangga, tapi masih bagus kondisinya. satu touring boat ini muat 13-15 orang. yang ad di kapal ini itu, keluargaku berenam, ada mas adam juga. terus ada rombongan lain. mereka dari wonogiri, yang satu disana, ehem.. manis.. dari palembang. wajahnya mirip banget sama Tamam temanku les waktu SD. :p dan ada 2 awak kapal, pak Bambang dengan pak sapa gitu. lupa namanya.. dia pemilik kapal. kalo pak Bambangnya guide kita.. orangny lucu.. kita semua bisa bercampur, bercanda ini itu. rame pokoknya.. terus agak di ekor sebelah baratny pulau Karimun ada tempat khusus. namanya NIRWANA. disana baguuuusss bgt penginapannya. kayak di Hawaii. biasanya disana tempat honey moon, juga ad tempat buat dugemnya. :|

jejeran pohon kelapanya dan pasir itu yang ngebikin NIRWANA ni kayak hawaii. bedany disini sepi. eh, emang pnh gitu ke hawaii? -engga- ._.
kapal yang ku naiki juga seperti itu.. :D 

numpang narsis, could you see the blue sea? how blue!! *love* 
aku hanya mengatur kontras pada foto ini.

selama perjalanan ke menjangan kecil aku ngeliatin pemandangan di sekitar, takjub, masih virgin, dan benar" memukau, tapi tetap saja laut ini yang ga ngijinin aku ngliat yang lain, aku selalu menyukai air. ngeliat air disini, kayaknya lagi marah".. ombaknya gede, si awan juga lagi ngegantung" item gitu, kayakny bakal ujan..
ngeliad laut lagi, ahh karangny makin ga kliatan, berarti makin dalam. sesekali ngliad sampah. wajar sih, mungkin abis perjalanan jauh sampah ini. terus liad penyu kecil.. penyuu? iya.. BAYI PENYU! ngambang" gitu, untung warnanya agak gelap, ga kuning, kuning nanti dikira *tiiiiitt* ngambang, :p lucu banget. coba ni kapal ga laju" dan penyu itu bisa ku ambil. :( dua kali lagi ngeliad penyu kecil.. T.T kemudian hujan pun turun.

dan sekitar 20 menit perjalanan. akhirnya kita sampai..oh, ini bukan pulau toh ternyata.. cuma mungkin ad karang yang menonjol sampai 1,5-3 meter dari permukaan laut.. yah, cuma segitu ko, tapi sama aja laut ini men laut, bukan daratan, ga pakai pelampung ya tenggelam. ini snorkling, beda sama diving..
kalo diving, harus bisa berenang, karna kita biasany menyelam hingga 10 meter dari permukaan laut. kalo ak dulu pernah diving di Bali dan merasakan sakitnya telinga karna melawan tekanan air laut, sekarang waktunya snorkling, for the first time. disini kita dharuskan memakai pelampung, ada sih yang ga pakai, mungkin karna udah jago berenang, tapi aku cari amannya aja dah. pakai pelampung. peralatan kita simple, cuma selang pernapasan, kacamata snorkling dan kaki katak. sudah, ga perlu pakai pakaian khusus diving dan tabung kyk diving. persamaan diving dan snorkling hanya kita harus bernafas menggunakan mulut, bukan hidung. bedanya, kalo diving, mau berenang smpe dlm pke mulut masih bisa krn selang nyalur langsung ke tabung, kalo snorkling? selangnya cuma sebatas kamu bisa nyentuh permukaan dan ga kena air. klo bagian atas selang udah masuk air juga. ya berarti kamu mnyedot air bukan udara lagi. :D
just like this.. B)


dan takjubnyaaa... karang" disini indaaahhh banget..
ada sih beberapa karang yang sudah rusak mungkin karena kena baling" kapal atau gimana gitu. pokonya ga parah, dan emang, jarak antara karang dn permukaan cuma 1,5 meter. jadi dari kapal aja udh kliatan jelas karangnya. dan sekali nyemplung, kena kaki. :| makanya haru milih 'terjun' ke karang yang lokasiny lebih dalam. hap..
banyak ikan" kecil, warna warni. lucuuu banget ikan" karang ini, ad wrna kuning, biru, ijo, belang", bagus bgd dah pokoknya..mengingatkan kita betapa besarnya kekuasaan Allah. indah. banget. :')

- 12.00 : Goes to Gliyeng Island , have a lunch -

jarak antara menjangan kecil ke pulau gliyeng ini bener" biki nggliyeng.. (nggliyeng = pusing), jaraknya jauh, butuh 40 menit untuk sampai disana.
sampai sana, kapal kita kandas, kena karang. lagi-lagi karang dan permukaan begitu dekat, akhirnya kita berusaha melepaskan diri ari kumpulan karang-karang tersebut, mesin kapal pun dimatikan, gimana engga, kalo dnyalain, kalo ga mesinnya rusak ya karangnya yang rusak. jadi sama" menjaga, mesin dimatikan, bapak unnamed itu ngedorong kapal pake bambu panjang, jadi biar kapal itu tergeser, sambil sesekali mesin dnyalain, dan akhirnya.. kita jalan juga di jalur yang bnar. uh, berarti pengemudi kapal disini harus hafal betul jalur"nya, kalo ga, bakal kandas. udah tau kapalku kandas, masih aja kapal dibelakangku ikutan jalurku, kandas juga deh. pdahal udh dksih tau jangan ngikutin, dsuruh ke kanan. ciyaan..
then, bagus banget pulaunya..! sepi, bahkan sepertinya tidak ada penghuninya..


pohon" gede. ijo-ijo. pasir putiiiiihhh... bagus bangeeett... ga ada sampah, yang ad pecahan karang. jadi buat kesananya rasanya kayak refleksi. sakit banget. -__-





wuhuu. bagus bangett.. :s :D










disna kita main" air dan foto".. ada satu warung disana. aku nyoba masuk kesana gara" pengen beli mie goreng, ini gubuk, bukan warung ternyata, tapi ya dijadikan dapur, samping gubuk ini barulah ada bangunan yang masih cocok disebut rumah . :| ada ibu" di dalamnya, yang satu ngurusin di kompor (itu sang penjual) pontang-pantting bingung ga ad yang ngbantuin, sementara aku liat, masih pakai kompor kayu bakar. kasian. terus banyak piring" kotor disna. terus ada 2 orang ibu" china yang kliatan banget sebagai pembeli, dia nyiap"in sendiri bumbu" mie gorengnya. oh, baru sadar, kayaknya pembeli harus mandiri, kalo ga gitu, kasian ibu penjual ini. masalahny yang beli banyak. kayak ak, sekali beli langsung 7. ngeliat ibu ini ga sempet nyuci piring, ak ngambil piring" yang disediain travel buat makan siang ini, 7 piring (pastiny piring buat rombonganku) dan mmulai mnyiapkan bumbu. ibu" china ini ngobrol sama ibu penjual. ibu china ini pasti dari surabaya. yakin banget dengan suarany yang keras dan nyaring ini serta logatnya. :s ibu penjual bilang, ga ad penduduk lain di pulau in kcuali dia dan anak-anaknya. Suaminya sudah meninggal, anak-anaknya sering ninggalin beliau buat bekerja, kasian ibu ini. :( akhirnya dengan kemandirian pembeli, pesanan segitu banyaknya akhirnya terselesaikan, termasuk pesananku.

ak kembali ke rombongan yang udah duduk enak di bawah pohon nungguin ikan bakar jadi..
ngintip bapak-bapak yang ngebakar ikan ahh..
akhirny ngjepret ini.. ingat, cuma perubahan kontras aja foto" di dalam blog ini.. itu ikan beneran warnanya biru. biruuu dan lucuuuuu... nama ikannya ikan kakak tua, katany sih krn moncongny kyk kakak tua. he.. mirip darimana coba? -_- lucu loh kenapa harus dbakar, aku gamau makan ikan itu. kasian. :( ikan yg lainnya aku gatau namanya. :p


satu kapal, satu alas, jadi gampang nanti bersihkan dan ngaturnya.. nih, narsis dulu. :p
itu salah aku ngeditnya.. harusnya tanggal 30 des.
kita akhirnya makan mie goreng (pny umi blm matang penuh. msh crispy :p) ikan bakar (ak bneran ga ngambil ikan kakak tua pdhl katany paling enak) , nasi dan sambal kecap. mantabs..!

kenyaaaanggg....
lanjuuttt perjalanan...



- 15.00 : goes to Spot Gosong. Gosong? it means blacky burned! -

namanya agak mengerikan. gosong kan berarti hitam terbakar! apa itu pulau, yang sekali nginjek sana langsung gosong? ngeri. -___-
ternyata engga, ini sama kayak menjangan kecil tadi, bukan pulau, tapi spot snorkling, sekitar 20 menit perjalanan dari pulau gliyeng tadi. snorkling lagi cuy! asiiikkk..

 kalo di Menjangan tadi aku udah loncat" ke atas dan ke bawah permukaan saking takjubny liad 'undersea life' , sekarang aku gatau musti ngapain. mungkin harus celup" teh didalamnya sambil baca koran.eh* :p karang disini, jauh jauh jauuuuhhh lebih bagus dari yang tadi. variasi bentuk karangny tu banyak. dari kecil, besar, rumit. ada semua. dari bentuk otak, usus besar sampai bentuk tangan mengepal. bentuk mawar raksasa juga ada. Subhanallah..
ini nih, ada bulu babi yang teronggok nyaman nyelempit di karang-karang. banyak banget lagi.
katany kalo dimakan enak. guide.ku pernah makan dagingnya bulu babi ini , mentahan. katany sih enak. ih.. ga tertarik kalo dsuruh makan mentahan.. enakan makan durinya kali. enak. bisa buat tusuk gigi juga.
#salahgaul






- 16.15 : the last place on this day : Tanjung Gelam, get your sunset!! -

jaraknya dekat, cuma 10 menit dari spot gosong tadi. di perjalanan, haus. kebetulan ditawarin aby minum, dksih botol aqua, sekaliny bernafsu mau minum, adekku teriak, air keburu tumpah ke mulut, ASIIIIIIINNNNN!!! semua ngakak.. sialaaaaan! botol ini udah diisi air laut.. :'(  pengen aja ku tumpah"in ke smuanya tu air, terutama ke abyku, raja usil. -_____-

 di tanjung gelam, jauh lebih rame dibanding pulau gliyeng. lebih terlihat ada kehidupan disana. gimana engga. belum apa" udah liad warung" sederhana berjejer disna. cuma disangga pakai bambu dan atapnya daun" kelapa. tapi mantaplah.. bisa pesan kelapa muda. lagi" pas pesan es kelapa muda, ak dijahilin. apaan coba es kelapa dikasih lombok? -_-
untungnya ak ga kena kelapa yang tua, ga kyk di alun" kemarin. ini" bnr" kelapa muda. sluruuupp.. :9
sekilas pemandangan 'kehidupan' di Tanjung Gelam.
kita menunggu sunset disini.
tapi.. sepertiny kita ga bakal dapat sunset. gumpalan awan sedang memasang formasi disana..
iya disana,tepat di arah barat, di tempatnya sang surya mau tidur.. biar empuk kali dikasih awan" gitu.. :|






jepret sana jepret sini. twilight was coming.. uhh.. paling suka aku dengan cahaya senja.. eksotis..
ini beberapa hasil jepretan, baik yg sudah diatur kontrasnya maupun belum. :D










I adore those pictures so much.. :*


to be continued..

No comments:

Post a Comment