September 3, 2011

Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina

Cina?
walah, cina ma deked tinggal naik pesawat ngeeeeeenggg.. nyampe dah.
jadi ga susah kn nyari ilmu sampe kesana.
aku pengen yang lebih jauh.. ke LA.. Los Angeles.. tapi yang ada cuma LAmongan..haha.

Jaman sekarang ini kita dituntut untuk menjadi wanita yang cerdas,cantik dan berlaku baik.
harus mampu menyelaraskan otak dengan perkembangan yang terjadi di sekitar. dari segi apapun. apa jadinya jika kita, sebagai wanita hanya berlaku 3M. Macak(dandan), Masak, Manak(beranak) ? ga jaman ta'ye..
udah jamannya wanita bekerja, mandiri dan mampu mengatur waktu untuk menjadi ibu yang baik buat anaknya kalo perlu saking mandirinya bisa benerin atap juga masang listrik, terus suami buat apa dong kalo kita smua yang ngerjain? suami yang masang popok anak. haha.
kita harus up-to-date bukan out-of-date.. kalo ibu" biasanya kemana" pake daster oblong, kita nanti harus pake baju tidur (lhaa. apa bedanyaaa). maaf, bukan penampilan fisik yang mempengaruhi  tapi otak yang musti gaya!
tapi berhubung saya belum menjadi seorang ibu, saya harus meraih semua itu. menjadi wanita karir, istri yang taat dan ibu yang baik. (sulitnya menjadi seorang wanita).
kali ini aku ingin cerita tentang perjalananku dalam bidang pendidikan. yang merupakan proses menuju "keibuan"ku kelak.. haha..


duluuu bangeeet pas ompol masih jadi aroma terapiku, aku termasuk bayi dengan pertumbuhan yang lambat.
gigi dan rambut ga muncul", padahal harusnya di usiaku waktu itu rambutku suda lebat. tapi alhamdulillah beberapa bulan kemudian semua itu tumbuh. apa jadinya kalo sampe sekarang gigi dan rambutku belum juga muncul? >.<
gigiku rata (alhamdulillah) dan rambutku muncul semriwing, warnanya merah dan jabrik. (makanya aku selalu dikira cowok. karna rambutku yang jabrik ini). -.-"
pertumbuhanku yang lambat ga cuma disini aja, lama juga aku sampai akhirnya bisa jalan dan ngomong.
Awalnya orang tuaku takut dengan pertumbuhanku yang selalu lambat ini. tapi mereka lama" ga khawatir lagi karna setelah semua itu tumbuh, pertumbuhannya semakin cepat.
gigi sekali muncul langsung 2. ga lama muncul lagi sampe akhirnya gigi susu muncul smua dan patah semua terus keganti sama gigi sejati. jadi kalo anak" belum punya gigi sejati, aku udh pny duluan. asik! kalian kalah akhirnya ! :D
terus rambut yang awalnya tumbuh cuma sedikit lama" makin tebal dan sangat tebal, tapi tetap aja warnanya merah.
dan ketika ak baru bisa berjalan beberapa hari kemudian aku mulai berlari. awal aku bisa bicara, ga lama bisa menyanyi. ini yang mmbuat ortuku shock. karna pertumbuhan yang awalnya lamban bisa berkembang pesat sampai melampaui batas. haha..
semua ini terjadi sampai aku beranjak dewasa.
aku bukan orang yang uptodate. tapi sekalinya aku tau sesuatu yang menurutku baru (dan bagi mereka udah lawas) aku bakal mencari tau semuanya sampai detail (dan mereka kalah info denganku)..
intinya.. aku selalu berusaha mengejar ketertinggalanku. dan mencoba mendahului mereka..
:)

aku termasuk siswi yang cerdas di TK. Kurnia saat itu. isi rapotku selalu Bagus dan Sangat Bagus.
tapi aku selalu lemah di bidang 3 dimensi. ada kelebihanku juga, aku suka menyanyi dan malah merubah lagu.. saking cerdasnya kan. haha.
lagu yang benar kan seperti ini :
balonku ada lima
rupa-rupa warnanya
hijau kuning kelabu merahmuda dan biru
meletus balon hijau door..
hatiku sangat kacau
balonku tinggal empat, ku pegang erat-erat..

tapi kalo ak yang nyanyi jadinya :
balonku ada lima
diam-diam merayap
balonku tinggal empat ku pegang eraterat..
lagunya kecampur sama lagu cicakcicak di dinding makanya jadi singkat padat dan menyesatkan seperti itu. -.-"
dan aku terkenal berani.
sekolah TK.ku ga seberapa jauh dari ruma. kalo anak TK biasanya masih diantar orangtuanya, ak ga pernah mau diantar orang tuaku. cuma sehari dianter, seterusnya udah berangkat dan pulang sendiri. pertanyaannya adalah "kenapa orangtuaku tega. ga takut apa anaknya diculik nantiiii? :( " iyaa kan. ak masih bocah, dikasih permen orang asing aja pasti udah mau ngikut. tapi mgkn ortuku punya alasan kenapa mereka brani melepasku. aku ada bakat kung fu mungkin jadi kalo ada orang jahat aku bisa tendang dia sampai ke langit ketujuh... ciiiiiaaaaattt!!!!

udah mulai masuk SD. selalu ranking 3 besar di kelas. tapi pernah jeblok pas kelas 4 SD. dipegang sama wali kelas yang juga guruku yang terkenal sangat disiplin. tiba" aja aku jatuh jadi rank 9. aku nangis terus pas tau itu. gimana ga, pas abangku rank 10 pas dia klas 3 (dg guru yang sama dgku saat kls 4 SD) aja kepalanya abang dibenturin ayah ke lantai. gimana kalo aku? apa bakal dilindasin ke rel kereta? >.< (ayahku orang yang sangat disiplin masalah pendidikan).
tapi alhamdulillah ak ga diapa"in..
jadi keinged dulu pas masih teka, gigi depanku patah gara" dipukul sisir sama ayah. tau alasannya kenapa? karna ak gabisa" diajarin jam"an.. dan aku nangis terus sampe waktunya tidur. akhirnya mulutku dpukul pake sisir kebetulan pas mangap jadi gigi yang kena, 4 gigi depan patah. kelas 4 SD ini baru gigiku bisa tumbuh dengan benar. sadis yaa? -.-
tapi ak menemukan kejayaanku lagi pas kls 5. dan berhasil jadi murid teladan. termasuk 10 siswa berprestasi di sekolahku itu.
tapi ak gagal di UKM. itu ujian buat nentuin ntar ak bisa masuk SMP mana. karna ada masalah keluarga, yang sampe akhirnya memecahkan konsentrasiku. sejak kecil ak suka mikir, sampai masalah keluarga yang seharusnya ak bisa abaikan itupun malah ak pikirkan. pas itu ak bener" takut ortuku pisah. T.T
dengan kondisi mental yang seperti itu mana mungkin ak bisa mncapai targetku. alhasil, aku cuma berhasil masuk di SMPN 38. (untung masih NEGERI).

SMP NEGERI 38.. di jalan kalisosok. hemm. itu sangat jauh dari rumahku. ini dia awal dari sifat bolangku.
pulang pergi gamau naik bonmen, maunya naik angkot sama teman". (aku masih mandiri ternyata) haha.
aku masih menjadi anak yang giat belajar dan pemalu. bahkan mungkin ak ini siswi katrok. ketika semua teman"ku heboh dengan "friendster" aku malah baru tau itu pas kelas 3 SMP. -.-"
ga lama aku ikut"an bikin, dan aku senang. ini awal dari ketertarikanku di social networking dan internet. dan lagi" ak ingin mendahului mereka. layout mereka masih biasa" aja, dan aku sii new user ini malah udah bisa bikin layout dengan fotoku sendiri. ;)
di smp ini aku masih saja seperti dulu. ga eksis. dan bukan termasuk anak yang aktif di kelas. tapi syukurlah nilaiku selalu bagus. dan dapet danem yang "termasuk" tinggi di sekolaan. kalo danem tertinggi di smpku 27. danemku 26. alhamdulillah yah (nadanya syahrini) ;p
tapi lagi" aku gagal mencapai target. targetku adalah SMA KOMPLEK!! SMA 1,2,5,9 atau SMA 6. tapi pupuslah harapanku ketika ayah bersikeras ingin memasukkan aku di SMAN 1. padahal aku tau kalo ak ga bakal bisa nyangkut disana dengan danem segitu. kalo ak milih SMAN 9 jelas bisa masuk. tapi krna cuma ada 1 SMA yang bebas (dulu masih pake sistem rayon. kalo ak smp daerah sby utara harus msk ke sma daerah sby utara juga, tapi satu yang luar rayon). akhirnya ak gagal masuk sma komplek. dan masuk SMAN 8.

SMA NEGERI 8 masih di daerah surabaya utara (karna memang satu rayon dengan SMPku). dan kali ini ak ga naik angkot ke skola. udah diijinkan bawa motor. jadi kemana" bawa Jupiter Z merahku itu..
ada kebanggaan tersendiri bisa masuk ke SMA ini. Ini SMA Negeri dengan pagu terbesar dan luas sekali sekolahnya. Bagus di bidang non akademiknya terutama basketnya. hmm.. mungkin memang ini jalan terbaik yang Allah kasih. tapi semakin besar aku semakin malas. gatau kenapa, ada beberapa faktor.
1. mungkin karena aku masuk ipa aku keberatan. gabisa nyerna materinya.. :(
 padahal kelas 1, bagus" nilaiku. tapi kenapa ak ga pindah ips aja pas penjurusan? karna ak mikirnya ntar kalo udh lulus ak bisa bebas mau lanjud kuliah jurusan ipa atau ips bahkan sastra. kalo ak SMA.ny masuk ipsm, ak gabisa semaunya gitu. musti kuliah jurusan IPS. tapi kesalahanku, aku ga ngukur kemampuanku. aku ga mampu di ipaaaaaa!!!
2. terlalu banyak pacaran. ga bisa fokus ma pelajaran. pacaran malah membatasi tindakanku. ak semakin ga aktif di kelas karna malu ke pacar kalo salah. -.-
3. gurunya. guru ga ada yang enak. haha. (tetap saja aku tidak mau dikatakan bodoh. karna kalo gurunya enak ak bakal nyambung kalo ga enak ya ga nyambung terus.)
yah, ga ada yang perlu disalahin. kemampuanku memang segitu, kapasitas otakku terbatas juga kan. dan karna ga seriusku dulu pas SMA aku gagal masuk universitas negeri nan ternama yang selalu aku inginkan sampai saat ini.. UNAIR.. T.T

disini aku tau kalo masuk PTN itu sangat sulit. aku bener" ngejar PTN pas itu. ikud tes ini itu, di PTN sby. ada 3 PTN di sby., ITS. UNAIR dan UNESA. semua tes aku ikuti. mulai pmdk prestasi sampai kemandirian yang harus merogoh kocek lebih dalam hingga jutaan. tapi hasilnya ? mengecewakan. aku gagal dan gagal lagi. gagal dan gagal terus. tapi ak ga pernah nangis. karna aku ga bisa mengukur kemampuanku sendiri. aku gabisa apa" di SMA. aku ank ipa tapi aku gabisa kimia, fisika dan matematika. apa itu? aku ipa gadungan! bukan karna tidak bisa. tapi aku malas. aku ga pnh serius di SMA. dan hasilnya.. orang tua yang aku kecewakan. Astaghfirullah.. T.T
saat itu aku ga punya tujuan mau masuk mana dan jurusan apa. yang ada di otakku cuma " aku harus masuk PTN". aku baru sadar ini kesalahan yang fatal pas aku gagal untuk tes yang terakhir PMDK DIPLOMA UNAIR.
aku baru sadar kalo kita melangkah itu harus memiliki tujuan. jadi kita bisa tau mana yang harus dipilih ketika kita berada di pertigaan.
sedangkan aku? aku ga punya pandangan mau masuk jurusan apaa.
saat itu aku bingung mau masuk jurusan apa. terlalu banyak keinginan.
1. informatika : aku pengin masuk jur. ini karna aku tertarik dengan komputer dan ingin mendalaminya. tapi ternyata susah buat masuk informatika, TI terutama. musti sedia otak dan duid yang besar!
2. desain : aku bener" pengen masuk desain. karna keagnya ga perlu mikir banyak, cuma mengasah kreatifitas. tapi sayangnya tes masuk desain ada tes gambarnya, dan ak gabisa gambar. ak lemah di manual. tapi ak pgn bisa pinter di bidang ini. karna ak tertarik. desain beda dg seni rupa. seni rupa lebih bebas, mereka menggambar sesuai dengan hati mereka lebih ke kesenangan pribadi. dan desain? kita dituntut menghasilkan sesuatu sesuai dengan demand.. tentunya sesuatu yang bermanfaat. lebih ke kesenangan bersama.
3. broadcast : rasany menarik banged bisa masuk kuliah jurusan ini. rasany senang liad kru" transtv yang ada di balik layar itu. berkutat dengan komputer dan alat" broadcast lainnya. keren. aku pengen. tapi aku bisa apa? ngedit pake sotosop aja ak ga ahli apalagi corel?
4. psikolog : karna aku suka menebak" sifat orang lain. aku sering menyebut diriku profile reader. haha. tapi pas itu ak kurang informasi soal psikologi. ak bingung pas itu, bakal jadi apa aku nanti kalo udah lulus? guru BK kah?
dan dari semua keinginanku itu, di tes kebanyakan yang ak kejar adalah informatika.
pernah ak daftar di jurusan yang jauh bgd dari pikiranku, tehnik lingkungan. tehnik? ketemu fisikaa!!! >.<
tehnik lingkungan seperti apa nanti kerjanya? bakal bersihin got" gt? (lagi" kurang informasi)
dari sekian banyaknya tes aku gagal. aku nangis juga akhirnya. aku malu. harusnya aku bisa masuk PTN. tapi gara" aku ga serius. aku gagal. gimana malunya ortuku nanti? mereka selalu menyuruhku masuk ke PTN tapi aku ga mampu. :'(

akhirnya aku beralih ke PTS. yahh, pilihan terakhir. aku masih pngen kuliah walaupun di swasta. daripada aku harus nganggur. ahh tidak. aku harus mengejar mimpiku(sbgai wanita karir tentunya)!
udah tes di UBAYA (universitas surabaya) pas itu ngambil jurusan tehnik informatika. dan lulus. aku senang bisa lulus. tapi pas liad biayanya aku nyerah. segituuu.. sedangkan ayahku bayarannya berapa. sebenarnya mampu tapi masalahnya, ayah harus nguliahin dua anaknya saat ini. abangku (umurnya selisih satu tahun dgku) harus kuliah di tempat baru sekarang bareng aku, karna taun kemarin dia cuma ambil D1 desain produk di ITS. dan sekarang da lulus otomatis dy harus kuliah lagi. dia ambil ubaya juga, ambil DKV. lha kalo masku sama aku total 17juta satu semester, mau makan apa keluargaku? >.<
akhirnya aku dan abangku ga ambil ubaya.
nyoba tes lagi, aku cari info ttg STIKOM (ak masih ngejar tehnik informatika) tapi glek* mahal juga sama keag ubaya. kasian ayah. aku cari yang murah dan ketemulah UPN dan STIESIA.
di UPN ak ga srek. aku mau dimasukkan informatikanya sana. tapi aku gamau.
lebih milih STIESIA dengan jurusan AKUNTANSI. whaaat??? ak bahkan ga pernah tau apa itu akuntansi. katanya pembukuan. pembukuan apa? yah.. ini akan menjadi rumit. aku harus belajar tentang akuntansi biar ga ketinggalan. akhirnya aku mantab di stiesia dan abangku jadi maba di jurusan Desain Komunikasi Visual di UPN. kita ambil jalan sendiri". ak malas juga harus satu tempat lagi dengan abangku. dulu SD ma SMA bareng dia mulu. karna umurku dn dia yang ga jauh, aku selalu dikira pacarnya abangku. haddeh. -.-"

STIESIA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia) di jalan Menur Pumpungan no 30. kalo biasanya aku sekolah di daerah sby utara, sekarang aku menuntut ilmu di surabaya timur. yap. padahal rumahku di sby barat. ujung ke ujung. -.-"
dulu aku bingung. kenapa ko Skolah Tinggi? ko ga Universitas? ini tarafnya setara ma SMA kah? (bodoh). tapi pas ospek baru aku tau bedanya.
Universitas itu punya banyak fakultas dan prodi.
Sekolah Tinggi berkonsentrasi pada satu fakultas. contohnya ya STIESIA ini. mereka konsentrasi di ilmu ekonomi. kalo STIKOM di ilmu komunikasi dan teknologi.
karna aku ilmu ekonomi jadinya prodi disini cuma dikit. apalagi coba kalo bukan Akuntansi dan Manajemen? :o
aku milih akuntasnsi karna bukan manajemen. (lhoo.alasan lama). kalo manajemen itu udah umum. banyak jurusan yang mmpelajari manajemen. informatikapun belajar manajemen. tapi informatika juga belajar akuntansi. makanya informatika itu musuh kami (anak ekonomi) karna informatika belajar tentang ekonomi juga. walaupun ga mendalam.

awalnya aku minder. aku kuliah di swasta. swasta yang ga bonafit seperti ubaya ataupun stikom. aku kuliah di tempat yang tarafnya sedang.
kebanyakan temanku disini anak dengan ekonomi sederhana dan banyak yang kuliah sambil kerja.
tapi minderku hilang ketika tau kualitas otak mereka.
ini negeri apa swasta sih?
kenapa mereka cerdas"?
ku kira swasta isinya orang" yang ga bisa serius sepertiku, tapi ternyata..
yah darisini ak mncoba berfikir lebih luas lagi, pasti ada alasan kenapa mereka milih kuliah disini.
bisa faktor keuangan(krn kuliah disini termasuk murah), bisa faktor kurang beruntung (yang terlempar dari PTN spertiku) atau mungkin disini ada kelas malamnya karna banyak yang kuliah sambil kerja.
jadi pikirankus sekarang, bagaimana caranya aku bisa sukses setelah lulus dari sini nanti. perguruan tinggi negeri ataupun swasta ternyata bukan halangan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. semua bergantung pada usaha dan niat kita untuk berhasil.
ini jalan terbaik yang Allah kasih untukku. disini aku belajar banyak. dan disini juga hidupku yang sebenarnya dimulai. aku harus menjadikan ini sebagai awal yang baik untuk kehidupanku kelak.

bukan mengenai siapa aku..
bukan dimana aku menuntut ilmu..
siapa dan dimana dia menuntut ilmu juga berhak mendapatkan pekerjaan yang layak.
dengan tekad, usaha dan doa..

aku berulang kali jatuh,
bukan berarti aku tak dapat berjalan dengan kaki yang pincang ini.
aku bisa..
aku bisa meraih apa yang aku inginkan..
bantu ak Allah.
mudahkan jalanku menuju kesuksesan.
agar terselip senyum kepuasaan di bibir orang tuaku.. :')

3 comments:

  1. Sekarang udah kerja dimana mbak? Aku juga kuliah stiesia hehehe

    ReplyDelete
  2. Sekarang udah kerja dimana mbak? Aku juga kuliah stiesia hehehe

    ReplyDelete