February 15, 2013

makanan 'sipit' yang lagi ngtren

makanan Jepang dan China itu emang ga ada habisnya dan banyak macamnya. tapi teteplah masih kalah banyak macamnya sama masakan nusantara.. haha . .
iseng".. sini ku kasih liat makanan" Jepang dan China yang lagi booming..

1. Onigiri
misal waktu puasaan kemarin aku dan anak" English Club bikin sunrise onigiri..
pertama kali juga aku tau kata onigiri  itu..


Onigiri itu nasi kepalnya orang Jepang. Nasi dikepalkan waktu masih hangat. kebanyakan bentuknya segitiga, bulat atau seperti karung beras. Onigiri ini dimakan pake tangan, ga pake sumpit kayak kbiasaan orang Jepang. onigiri ini biasanya dijadikan bekal makan siang atau saat bepergian. dan kebanyakan isinya itu ikan salmon, terus dkasih nori.. uwmm.. nyam nyamm.. :3

dan kami bikin yellow onigiri  itu biar ada perpaduan dengan indonesia..
padahal aslinya? nasi kuning yang dbentuk segitiga. haha. dan isinya yaa.. suwiran ayam dan kering tempe.. sesimple itu. tapi nikmat dongs.. dan untuk makanan satu ini masih jarang ada yang jualan. mungkin karna trlalu mudah dan bisa dbuat sendiri.

update : berawal dari keisengan, timbul rezeki yang tak terduga. Sunrise onigiri ini akhirnya mengantarkan ketua organisasiku menjadi pemenang PKM-K.. wahh senangnya bukan main.. congrats pres!! *smooch*

2. Sushi
makanan Jepang lainnya yang ga kalah seru itu... Sushi.. uww.. I love this food so much..


Sushi ini nasi yang dibentuk bersamaan dengan lauknya. biasanya dgulung gitu aja dengan lauknya ada ditengah-tengah.. dan untuk lauknya umunya menggunakan lauk yang masih mentah tapi bisa juga dengan yang sudah dimasak. Nasi yang satu ini memiliki rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam dan gula. Digulung dengan nori sih biasanya dan diatasnya diberi telur ikan yang pastinya..mentah..

cara makannya bisa pakai sumpit atau tidak, dicocol di kecap asin terus karna ukurannya yang umumnya mungil" jadinya cuma sekali suap. happ... *jadi laper*

karna saya masih mahasiswa, pastinya buat beli makanan yang satu ini juga harus mikir-mikir karna umumnya harga sushi yang dijual itu mulai dari Rp 20.000 keatas.. itupun biasanya hanya terdiri dari 8-10 sushi yang mungil".. dan saya lebih suka yang lauknya masih mentah karna saya salah satu penikmat makanan mentah (utk Japanese Food) dan setengah matang. kalopun ga mentah, sukanya milih yang smoked salmon. yummy.. tapi namanya perut karet, makan 8 biji aja masih belum kenyang.. haha..

3. Dim Sum
ini nih cemilan yang lagi ngtren sekarang. Dim Sum..



Dim Sum  ini asalnya dari Cina.. biasanya dimakan sebagai sarapan atau brunch.. cemilan aja sih biasanya bwat teman minum teh. ;))
ada banyak banget macamnya dim sum ini, ada bakso ikan, siomay, dll..
wadahnya selalu terbuat dari bambu..dan isinya hanya 3-4 aja..

dan akhir-akhir ini heboh banget anak-anak, sukanya update.. "dim sum" "nge-dimsum" atau [foursquare] dim sum blablabla...
makin banyak orang jualan dim sum di pinggir jalan, harganya sih rata-rata 7rb per wadah bambu itu.. tapi isinya cuma 3.. 3 ajaaa.. :3 mungkin aku butuh ngeluarin 35rb biar puas.. -___-
nah, cari aman, sukanya minta ditraktir ortu kalo lagi family time.. hehe . pastinya minta yang mahalan dong. mumpung dtraktir ya kan? haha..

4. Mie Ramen
yang satu ini malah lebih beken sekarang.. padahal ya cuma mie.. mieee.... cuma beda kasta aja..
mie yang satu ini lebih 'import'..haha.. It's meant.. asalnya dia dari Cina tapi lebih terkenal di Jepang.


karna kepo , terus ngiler terus ga keturutan ke kedai ramennya, siang ini aku beli ramen instant. rasanya? ga jauh beda sama mie kuah lainnya.. cuma mienya lebih kenyal aja..
terus pas kebetulan lagi jalan, dan sehari sebelumnya udah dikasih tau patokan kedai ramen sama teman, akhirnya malamnya niat banget kesana..
sekalinya...

rameeee bangeeeettt.. -_____-
tapi beruntung ga perlu berdiri buat nungguin, dapet bangku, tapi nunggu mie.nya jadi itu lama banget
makin penasaran.. segimanya sih mie yang satu ini sampe niat banget orang-orang ini antre malam-malam cuma buat beli mieee???
datang ke Jiraiya Ramen jam 8-an.. karna antri ya harus sabar..
ngobrol sama pacar dengan backsound lagunya naruto yang "wind"..
uhh~
kenapa coba kedai ini namanya gurunya Naruto? bukan Narutonya? sapa tau mas-mas yang jualan bisa kagebussin-an.. jadinya mangkuk mie.ku jadi banyak..kenyang dehh.. *abaikan*

ngeliad daftar menu..
buku menunya sih biasa, tapi foto-foto didalamnya lebih artisitik, cukup bikin ngiler..
cuma ada 3 menu ramen.. Beef, chicken dan seafood. semuanya dengan ukuran jumbo.. asik. bakal kenyang :D
lebih tertarik ke Seafoodnya.. dan hargany paling murah.haha.. cuma 11ribu.. paling mahal yang beef, 15rb..
amanlah buat kantong mahasiswa..
berikut minumannya..
kebanyakan green tea.. tapi jangan salah, ada legennya juga, cuma namanya sok"an jepang dikit gitu..
tapi aku lupa apa namanya tadi.. -___-
dan lebih tertarik milih cappucino latte.. (memang selalu cappucino yang menarik untuk ku minum) dan harganya? enteng! cuma 5ribu.. :D
untuk minuman, paling murah harganya 2.500 itu teh biasa dan es legen.. paling mahal 6.000 itu green tea latte kalo ga salah..

denger" dari teman sih ada level-level pedasnya.. tapi ternyata disini ga ada, cuma disiapin cabe kering aja buat pedes"an..
ngobrol..ngobrol..plonga-plongo..cabut uban andrik (eh) akhirnya ramen yang didambakan datang juga didepan mata dengan mangkuk jumbo yang kepalaku aja bisa masuk kedalamnya.. baik,saya mulai lebay..

yang dicoba pertama apa?
pasti kuahnya.. rasa kaldunya lain.. sedapp.. bumbunya pas.. dan ini nih, rasanya kuah yang seperti ini yang jadi ciri khasnya makanan cina atau jepang.. gatau dari apa. tapi yang pasti berasa banget bawangnya..

terus lanjut nyobain mie.nya.. mie.ku warna ijo, padahal orang sebelahku sama seafoodnya tapi mienya biasa.. apa karna mas-masnya tau kalo aku keturunan hulk? jadi musti ijo? kirain bakal berasa sayur bayam gitu di mie.nya.. karna aku ga suka bayam. sempet ngeri juga buat ngerasain mie ijo ini.. tapi ternyata, aman! ga ada rasa bayam. tetep rasa mie biasa.. :D

ada bakso ikan di dalamnya, potongan cumi, irisan daging kepiting olah, sayur, telor rebus dan satu lagi aku gatau namanya, rasany kaya bakso ikan cuma lebih enak dan lucu warna warni..

terus ini nih yang bikin frustasi, berusaha nahan ga makan pedas karna jerawat lagi meradang-radangnya, akhirnya goyah juga pertahanan. sebanyak mungkin ngasih cabe kering ke dalam mie ramenku yang masih lumayan panas ini. dan hap.. pedas gila..
ini baru makan nikmat..
porsi jumbo, kuah panas, lauk banyak dan pedas!
selamat makaaaaannn.....

NB : Jiraiya Ramen yang terletak di Jl.Diponegoro (samping Batik Danar Hadi) - Surabaya ini buka setiap hari kecuali Jumat, mulai pukul 18.30-00.00 dan abang-abang yang jualan disini pada bening-bening Gustiii... mancung, tinggi, dan bersih.. lumayan kan, makan ramen yang enak makin enak lagi kalo 'pemandangan'nya indah. perut dan mata akan senang dan sejahtera. haha..

..sekian..

No comments:

Post a Comment