January 11, 2012

masuk ke kehidupan orang lain itu ga gampang..

nite reader.. (yahh semoga saja aku memang punya pembaca..haha)..
lama ga nulis.
kali ini bener" pgen nulis..
biasa, sedang galau.
gatau harus kemana lagi curhat ini berlabuh..
dan sejauh ini hanya 3 orang yang tau masalahku (tepatnya masalah ini doang. dg tokoh" yang sama namun trdapat bbrapa episode)

iyaa,
kali ini bkal curhat.
ga penting emang topiknya..
apalagi topik yang paling membosankan kalo ga CINTA?
ish.. satu kata yang memiliki jutaan arti..


selama aku bernafas,
mlai ak bernyawa drahim ibuku hingga sekarang, seingatku ak hanya mencintai beberapa orang saja.
yahh, yang menurutku sempurna.
pertama, keluarga kecilku.
kedua, keluarga besarku.
ketiga, jeng jeeeeenggg....
ini dia, cwok" yg aku sukain.
iya, COWOK-COWOK..
sesuai penulisannya, ada dua kata cowok.
jadi cuma ada dua cowok yang aku sayangin selama ini..
(nb : ini bukan termasuk cinta monyet..)


yang pertama, si B.
yg kedua si A.
kenapa bukan si A yg pertama?
ini bkn diurutkan berdasarkan abjad
tapi inisial nama. -,-
kebetulan B dlu baru A.. :)

alhamdulillah selama aku benar" syg sama orang, hubunganku berjalan lama.
klo ga? cuma dua minggu itu paling fantastis.
pas itu, aku bnr" syg sama si B.
tapi karena sesuatu, akhirnya kita berpisah.
yahh, namanya aja pacaran, bisa putus. yg nikah aja bisa cerai..

beberapa kesalahanku yang aku dapat setelah bersemedi itu..
~ pas itu masih jaman" skola. belum ada istilah GALAU yang ada SUAMI" TAKUT ISTRI . apa hubungannya? gatauk.. -,- pkoknya dlu ak luar biasa galaknya. udah kayak bu RT sama pak RT yg ada di film suami" takut istri itu (yg ngetop jamanku sma)
~ masih ga jauh dari poin pertama ---> pencemburu
~ masih juga ga jauh dr poin kedua ---> DIKTATOR. WOW! ini title yang paling bikin "ngelus dada". masih aja aku gamau kalah kalo udh dkatain gni, APA YG AKU LAKUIN ITU SELALU ADA ALASANNYA.. entah itu baik menurutku dan buruk baginya. yg pntg baik bgiku... nh kalo ini udh masuk ke poin berikutnya.. EGOIS..
~ ini yang mungkin keliatannya sepele tapi berdampak besar.. AKU GA PERNAH BERANI BERHUBUNGAN DENGAN KELUARGANYA. why? sekalipun ak ini jutek , cuek dan kayak mayat idup yang ga pny jiwa , ak jg msh punya malu, punya rasa minder terutama.
bagiku, masuk ke keluarga org yg aku sayang itu harus punya MODAL! dan apa modalku?
cantik? gue dekil! pintar? IQ paling notok 113. body? ini mau nyari mantu apa model yak? -,- ramah? aduh anak kecil aja lgsg nangis 7 hari 7 malam gr" liad mukaku yg angker. supel? GAK! pemalu? sepertinya.. intinya.. aku ga punya apa" yang bisa dibanggakan. AKU GA MODAAAAALLL!!

dan sesi curhat kali ini yang aku permasalahkan adalah poin terakhir..
aku keinged dlu dia maksa" aku buad masuk ke keluarganya, percaya ga, ak pacaran udh 3 taun pas itu tapi ak ga pnh ketemu satupun keluarganya kcuali di FB. padahal satu sekola, tiap kali rapotan aku selalu sembunyi atau balik dluan. astaghfirullah aku benar" minder, ngeri kalo inged siapa kluarganya, mereka keluarga sederhana tapi calon pembawa nama. mereka orang" cerdas. dan aku?
IQku down to earth.. alias IQ ndelosor.. -,-
dan apa jawabannya ketika aku kembali bersembunyi pas rapotan?
"ibu bilang, aku harus nyari pasangan yang bisa terima keluargaku juga.. bkn cuma mau sama aku.."
duuuuaaarrr... berasa dipetir..
bukan gituuuuuu...
bukannya aku gabisa nerima kluargamu (entah apa yg ad di otakmu) yang aku takutkan malah sebaliknya.. BISA GA MEREKA NERIMA AKU YANG GA ADA APA"NYA INI?
lanjut cerita..aku berusaha ngumpulin energy biar berani nunjukin batang idung pas rapotan.
dan jeng jeeeengg..
aku berani juga akhirnya nongol waktu rapotan kelas 3 SMA semester satu. :D
awal yang baik soalnya ak cuma nongol beberapa menit. maklum. gw pemeran figuran.. -,-

tapi malah hubunganku yang ga lama setelah kejadian itu. karna ada masalah.. yah.. putus itu udah kayak penggadaian.. mengatasi masalah dengan masalah..
putus bknnya masalah malah clear tapi malah nimbun sakit di hati.
heuh. skip ah bagian yang ini.
sudah susah" aku nglupain part ini, gamau kebuka gt aja.. :')
lupakan yang buruk-buruk dpat menyebabkan mules.
kurangi yang manis" karna dapat menyebabkan diabetes..
dan saat itu, hatiku hampa. kram untuk beberapa saat.. (knpaa musti kram sih istilahnya.. -,-)


beberapa saat kemudian, kramku udah ilang. kali ini berasa sangat sehat.
like have a new heart and new heartbeat-tempo..
sekarang giliran si A yang masuk ke hatiku.
mungkin dia bingung, kenapa begitu banyak ruang dihatiku untuknya.
selain hatiku ini baru, aku memang mengatur kapasitas penumpang di hatiku biar ga sesak karna ga ada peluang untuk menghirup udara segar..
bisa memahaminya? :)

singkat kata, aku udah lama sama yang si A sampai aku ngepost entry ini..
ak berusaha nyari kesalahan"  selama aku pcrn sama si B, dari intropeksi itu, ak benar" berusaha buat berubah. aku gamau, ceritaku yang dlu keulang lagi ato malah lebih parah.. aku berusaha berubah..
awalnya semua poin kesalahan tadi bisa aku atasi. ak berusaha menjadi lebih baik dari sebelumnya.
hanya satu yang benar" bikin aku ngeeehhh.. poin terakhir (lagi-lagi)
tapi frekuensi ketakutanku merendah. ak udh mlai pede dan berani nongol.
tapi untuk beberapa org saja.
singkatnya.. ak udh knal kluarganya walaupun ga semuanya dan bukan keluarga inti..
tapi tetap ak knal kluarga intinya cuma ga intens brhubungan.

ada pengalaman yang ga ngenakin banged pas ak berusaha mengakrabkan diri ke kluarga intinya.
tetap pada karakterku, aku pemalu..
awalnya ak knal kakaknya dn istri kakaknya lwad FB.
tp ga pnh ak kontak lebih intens..
smpe akhirnya pas itu dy pulkampas mau puasaan..
terakhir yg dy blg itu, ak dtantang buat ngakrab.in diri ke ibunya sm kluarganya dsna.
WOW! sangkanya aku berani...?
tapi krn gamau malu dan emang pgn knal lebih dekad ma ibunya, ak berusaha berani..
ak ambil timing yang menurutku pas.
pas si bebeb dperjalanan pulang, ak telpon ibunya, dan yg prtama ak dngar itu kata 'cuit cuit' dari kakaknya dan dsambut dengan tawa ibunya.. kala itu juga aku baru sadar.. AKU IKI LAPPOOOOO!! sumpah, mati gaya langsung. malu. ga ngerti mau ngomong apaaaa...
tapi syukurlah, lidahku ga kelu" amat. setelah babibu,, beres juga. telpon ditutup.
pas si bebeb udah datang, dy tny ak abz telpon ibunya ato ga. dengan pedenya aku bilang IYA. dan jawabannya apa? "ihiii. cari muka diaa..."
shit! dy yg nantang. malah dikatain cari mukaaaa!! sakit! >.<
sjak saat it ak baru sadar betapa memalukanny diriku. udah matiin urat malu, malah dikata keg gt. jadi pengen tau apa jawabnnya dy waktu dbilangin ibunya kalo ak abz telpon..
merasa rendah banged ak..
apalagi ga pnh ak keg gt.
tradisi jawa; cewek gabole lari dluan.. ga baik. cwe itu dhampiri, buakn menghampiri..
MATI!

sjak saat itu ak udh jarang lg kontak
sama kakanya jarang jg di fb
sama ibunya ga pernah lg
palingan nomer hpku baru muncul d layar hp ibunya kalo si bebeb yang sms, cuma mengatasnamakan nomerku..

ak juga knal sama keluargany yg disini, budenya..
krna dia tggal dsna slma di sby..
budenya baik, ak slalu dsuruh makan klo ada disana, makanya aku gendut (ALIBIIIII...)
cuma tetap saja, aku merasa minder bahkan gagal..
ak masih merasa ga diterima sama salah satu keluarganya..
awalnya aku mengira watak orangnya seperti itu, tapi stelah ak teliti lebih jauh,
bukan..
dia cuma ga suka aku..
CUMA GA SUKA aku..

awalnya cuma diceletukin
terus lanjut dengan pernyataan yang frontal
dan kemudian.. yang paling ga ak suka
membawa" naman MANTANnya!
numpang meso yahhh... taii kucing rica-rica....!

kenapa sih musti bahas mantan" sgla.
entah itu darimana datangnya aku tetep aja ga suka
emang ak ga ada masalah sama yang namanya MANTAN,tapi secara ga sadar, aku SELALU MEMBANDING-BANDINGKAN DIRIKU DENGAN DIAAAA!
awalnya aku pikir ini gila, tapi fakta membuktikan, hal tersebut juga terjadi di wanita usia produktif.. eh.. remaja maksudnya..
apalagi mantannya yang ini high class.
entah dr segi manapun. ak kalah..
kan... aku makin DOWN.
yya Allah, ak salah apa jg sama dia sampe segitunya sodaranya dy gniin aku.. T,T

ak manusia biasa juga..
bisa nangis karna hal ini.
makin meratapi nasib, makin ngorek" kekuranganku..
ini yang bikin Allah ga suka. ak makin ga bersyukur.. :'(

saat itu juga ak bngung, gimana ceritany org ini bs knal sama mantannya..
sering yah km crta ke dy ttg mantanmu?
ato sering kah mereka kontak?
ato respon positif di pertemuan pertama? (yang ga didapat di aku?)
ato segitu hebatnya kah dy?
aku..makiiinn...keciiilll...
inikah dunia?

ak sllu berusaha melakukan yang terbaik
tapi inikah balasannya?
ato malah selama ini aku hanya berjuang sndri?
tanpa ada support dari dalam? (maksudnya ga pnh kah cwoku berusaha bntu ak biar mrka pny rasa simpati dkid gt ke ak?) ato emang akunya aja yang GA PUNYA APA"? GA BISA DBANGGAIN?
T___________________T

ngeliad perlakuan orang itu selama ini ke aku aja ga pernah baik, tapi kenapa dy sgtunya sama si mantan? sakit yya Allah..
pgen angkat kaki aja pas itu, bener" pgn angkat kaki dari kehidupannya..
hopeless..
merasa masa depanku lgsg gelap..
ngerasa aku ga pantes ada di kehidupannya..
ngerasa aku ga diinginkan..

tapi ada hadist yang berkata.. "jangan mengeluarkan yang buruk-buruk. keluarkan yang baik-baik. kecuali apa yang terjadi pada org teraniaya. jika tidak bisa,maka diamlah.."
ak gamau menganggap diriku teraniaya, lebay kesannya.
jd ak lebih memilih diam
sakit ni hati , tapi gimanapun dia masih lebih tua dariku.
wajib buat menghormatinya.
dan aku tau, sekeras-kerasnya batu masih bisa dikikis oleh air..

sekarang yang terpenting bagaimana caranya biar aku ga sakit hati lagi
Allah itu menciptakan segala sesuatunya beserta manfaatnya..

aku yakin Allah tau yang terbaik..
bersyukur dan memetik hikmah dibaliknya mungkin adalah jawaban yang terbaik.
memang aku belum bisa untuk saat ini tapi itu wajib dilakukan..
sabar..
aku sayang dia yya Rabb..
kalo emang akhir cerita ini tidak sesuai harapan, lapangkan dadaku..
amin..

" I'm no beauty queen. I'm just beautiful me..." :')

No comments:

Post a Comment