January 21, 2012

perubahan itu perlu..

ga berasa yaa udah 2012..
(telat banged. aturannya aku ngomong keg gni pas taun baruan kmrn..-___-)
biarin udah yang penting aku memang baru sadar ini udah 2012!
LOLA! biarin.. :p

masih ingat pelajaran biologi kelas X dulu..
pertumbuhan itu kasat mata, perubahan yang terjadi physically pada kita yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali seperti awal)..
sedangkan perkembangan itu kebalikannya, perubahan yang terjadi secara batiniah, kemampuan kita untuk membedakan baik dan buruk, yang menurutku mungkin bersifat reversible,,bisa kembali.. soalnya nenekku aja sifatnya jadi keg anak kecil skrg. -____-"

so,how about me?



phsycally jelaslah berubah..
wajahku mulai nampak dewasa (sampe" sering dpanggil IBU sama org bank juga org kasir.. ini jelas bukan sebuah pujian..) >.</
udah mlai ada kerutan di jidat, hemm. ini menyebalkan. aby bilang ini karena aku suka "mencureng", haha. artinya suka manyun jidatnya.. bingung? sama. ak jg bngung gimana jelasinnya. pkoknya ak ini pemarah, makanya muka suka ditekuk".. tapi wajar aja ya kan. mana ada orang marah tapi malah ketawa.. -____-
dan yang menjadi ciri khasku, jerawat. haha. orang jawa bilang " klo udah nikah pasti hilang.." esok harinya aku bilang ke umi sama aby.. "aku pgen nikah. biar jerawatku ilang.." yang ada mereka bedua langsung pingsan smbil mengeluarkan busaa.. arghhh.. (ilustrasi).. >.</
jerawat oh jerawat.. tapi optimis ajalah kelak pasti bisa aku hilangkan.. amin..

intip sebentar yuk gimana aku pas kecil dan pas udah gede.. :)

                                              ini aku waktu umur.. ehmm.. ga tauk.. -___-"

                                ayoo tebak aku yang manaaa? :D yang bawah dan tengah.. //.^
                                                haha. weleknya akuu.. itu waktu SMP. >.<

                                                                          and now.. :)

tapi aku masih ugly duckling yang belum bisa menjadi beautiful goose.. and I will be.. :)

sekarang diliad dari segi perkembangan..

first.. reminding my bad activities in the past.. when I was child..
masa" SD :
~ aku inged dulu sukanya main "go back to door" yang org sini bilang "gobaksodor". aku selalu menggebu" main itu smpe bikin lawan main menjadi lawan beneran. lhoo* iyaa. abisnya yang sana ga sabar gara" gbisa masuk daerahku. haha. emocii. emocii. jadi SIWAK.an.. :p iya ding.. jaman" SD paling sering kelai ma tmn. ga bolo gt. apaa banged dah.. -___-

~ kelas 3 SD, mecahin piring. gara" ga dbangunin, jadi telat sekolah, milih bolos aja daripada disetrap ddpn kelas. trs ak dsuru bantu umi cuci piring, karna lg emoci, piringnya aku pecahin, tapi jatohnya di kakiku, berdarah dah. udh berdarah, djewer pula.-__-

~ kelas 5 SD aku lupa ga bawa topi pramuka, yg dari sesek itu trs bentknya bundar. ak pinjam topi anak kls 4. trs gatau kmn topi itu hilang. aku dimarain sama emaknya. waduhh. sayangnya aku gamau bilang ke emakku. bisa" perang antar emak tu. padahal makku jagoan. ak lebih milih nunduk" aja pas diomelin. dan gamau ngganti topi tu, abisnya ak dmarain, makin males kn ganti. -o-

~ masih kelas 5 SD. aku ingad, dlu ak sukanya olok"an sama temen, namanya fahmi dan dimas. si fahmi berkacamata, di dimas anaknya hitam. cocok dah. ak kejar"an, trs ak marah sama fahmi, aku timpuk dia pake buku besar (itu lhoo yang biasa dbuat buku arisan), dan *klaatak* kacamatanya jatuh dan lensanya keluar. YES!AKU MENANG! tapi fahmi nangis, dy itu udah parah minus matanya, jadilah aku dmarain guru udah bikin anak cwok nangis dn mmbuatnya sengsara, disetrap ddpn kelas dan pulangnya aku nganter fahmi gara" dy gbisa liad jalan dg jelas. sampai druma ibunya datang, ga mara" tapi malah nangis", akhirnya ak gantiin kacamata itu. hoaaammm~~

masa SMP :
aku ga ingad kenakalanku seperti apa..
cuma inged satu, pas druma, gara" mangkel sama aby, ak masukin sepeda tapi kasar banged, pas itu udah malam, eh gataunya kran air.nya kena sepedaku terus *blaaamm* jebol, air kemana-mana.. heboh sudah satu rumah neriakin namaku. aku cuma melongo kaget, "siap2 dbantai aby.. huff.."

jaman SMP ini mulai kenal sama yang namanya CINTA. weitzz.. sbnrnya sejak SD tapi SD tu masih cinta MOMO. MOnyet MOnyong.. dan SMP ini aku udah bisa serius syg ma orang, haha. sangar deh. tapi ya gt, putus nyyambung. maklum masih ababil..

masa SMA :
yang aku inged dulu.. aku sama temen" bikin temenku pingsan.. hwohoho.. sadisnya..
temanku yang pingsan ini anaknya manja banged, sedangkan aku ini cewek setengah cowok, ga suka bged ma anak yang manja" gni. kasian juga temanku ini, jadi korban bullying, dan aku salah satu tersangka paling sadis. haha. padahal ankny tu baik banged sma ak, entah itu krna dy emg baik ato takud sm ak. :p
saking asyiknya ngegodain anak ini, makin kehilangan kendali, makin jadi, makin sadis, kebetulan anaknya juga lg ga enak badan, diinjek" gt derajatnya ma kami jadilah dia pingsan. >.< kaget setengah mampus, akhirnya kami (manusia2 tak beretika) ini berusaha membangunkan dia. untunglah pas itu lagi ga ad guru. jd ga sampe masuk BK kami. untungnya dy bisa bngun. pas pulang, krna merasa sangat bersalah,aku antar dy pulang kerumahnya. sejak saat itu aku lumayan bisa menjaga sikap. ampun yya Allah.. ga lagi dah bandel" gt. masih untung dy pingsan bukan mati. -____-

oia, pernah juga aku diusir dari rumah sama aby gara" pas ke mall sama tmn" SMP, aku buka kerudung padahal pas brgkatnya aku berkurudung, apesnya dsna ketemu masku, dbilangin sudah sama dy ke ortuku, aby marah besar dan aku diusir dari rumah.. T_____T tapi ga smpe keluar rumah jg sih, aby dmarain umi, ak dsuru umi masuk, darisna ak belajar ikhlas menggunakan kerudung wlaupun ga mudah.. (slalu pgen nangis kalo inged ini, jadi keinged kata2nya umi) :')

iyaa, itulah aku dengan segala kenakalanku..
ini hanya kenakalan yang aku ingat, pasti masih banyak lagi yang terlupakan.
untungnya semakin umurku bertambah, aku berusaha menjadi yang lebih baik lagi.

-> aku yang sukanya menginjak" anak lain cuma karena ga suka ma sifatnya, sekarang udah mulai  bisa cuek kalo ketemu orang keg gt, selama dy ga "nyentuh" aku, aku ga bakal "nyentuh" dy.. tapi tetep, SENGGOL,BACOK! widddihhh* :p

-> aku yang sukanya pake baju casual yang justru cenderung "cowok" banged sekarang udah mulai mau pake rok. udah mlai bener pake kerudungnya, udah mulai rela melepaskan sneakersku and wearing high heels. aku berubah sejak ada yang menyinggungku dan menyuruhku untuk lebih anggun lagi. hahhh. padahal aku ini lebih nyaman pake jeans, kaos dan sneaker. aku ga suka baju yang terlalu cwek apalagi klo rangkap" gt makenya. dah, ribed amat.. -____- belum lagi aku gamau dianggap anak lesbian. pas itu lagi heboh"nya orang lesbi. hihhh.. amit amit..

-> aku yang terbiasa ngomong "surabayanese" atau "suroboyoan" sekarang udah bisa berbicara berbahasa indonesia dengan baik dan bemar. ih, apalah jadinya. ak yg terbiasa ngomong sbyan tiba" jd bindo.an.. jadinya belepotan.. "aku wes makan kok", "itu lho ada di mburi tivi",. mati nak.. ancur parah.. apalagi medoknya tu ga nahan. haha. maklum. jawa tulen kulo niki.. :p tapi syukurlah udah bisa ngilangin medoknya..

-> aku yang suka main tangan sama cwok sekarang udah mendingan, aku yang biasanya kasar dan pedas cara bicaranya sekarang udah mlai bisa ngerem..

-> kalo dulu sekali dbkin marah sama orang langsung aku maki-maki dia, sekarang udah bisa ngerem omongan,walaupun masih maki-maki dia didalam hati.

-> dulu sukanya meremehkan orang lain. menganggap diriku yang paling bisa segalanya. tapi, aku ini juga manusia biasa. aku juga banyak bikin salah...

masih banyak lagi dah. tapi tetap sajalah, sifat tetaplah sifat, gabisa sepenuhnya drubah. tapi untuk menjadi diriku yang sekarang aku sudah bersyukur. setidaknya sudah lebih baik dari sebelumnya. setidaknya aku bisa melihat situasi dari "kacamata orang lain" sehingga aku tidak sampai menyakitinya. mungkin ini yang disebut kedewasaan. dewasa secara fisik dan kepribadian..

kadang aku mikir, kenapa ya bisa sgini kaku, kasar dan kerasnya aku..
baru aku lihat sekelilingku, hemm.. aku memang dilahirkan di dalam lingkungan yang sama.
dari segi keluarga : semua keluargaku berwatak keras. aby orangnya disiplin,rajin,perfeksionis. umi orangnya frontal,keras,perfeksionis dan cekatan. masku keras tapi suka bercanda. cuma adekku yang beda, dy benar" CEWEK. lembut dan manja. tapi keluargaku kental sekali agamanya. hemm. pantas sajalah ak seperti ini. tapi syukurlah, sejak kecil aku dididik dengan baik oleh keluargaku. bayangkan saja kalo aku yang sudah nakal ini dibiarkan nakal sama keluargaku. ak mungkin ga lagi berkerudung, aku mungkin sudah menjadi perokok aktif, aku mungkin sudah mengenal free sex, aku mungkin sudah lupa apa itu agama, dan teman-temanku mungkin orang-orang yang rusak juga..
subhanallah, aku bersyukur sekali dengan semua ini. kelurga yang mencintaiku, yang ga pernah capek buad membimbingku, yang ga pernah mengeluh akan kenakalanku. subhanallah, cintai mereka juga yya Allah,.. :')
 ini dia ortuku tercinta.. :')
my brotha and lil sista yang gokil.. :*


selanjutnya dari segi lingkungan luar..
aku juga beruntung selama ini aku punya teman-teman yang luar biasa. teman-teman yang baik, yang bisa membawa ke arah yang benar, bukan sebaliknya. teman-temanku kebanyakan dari keluarga sederhana namun dari situlah aku belajar kesederhanaan.
kalo dulu aku ogah makan di warung pinggir jalan, sekarang udah mau, berhemat beb.. :p
dari teman-temanku ini juga aku mengerti arti kebersamaan dan solidaritas..
kalo dulu ak ga suka makan dan minum campur bareng temen, gara" paskibra aku mau. gimana mau ga mau, satu botol aqua 1,5l diminum 25 orang. -___-" makan juga jadi satu tempat.. hhi. tapi itu asik banged. sayangnya aku ga bertahan lama di paskibra itu karna masalah kesehatanku yang rentan penyakit.
kebanyakan teman-temanku itu pandai.. ini juga yang membuatku makin rajin karena secara ga langsung berkompetisi dengan temanku sndiri. dasar watak juga sih yang gamau kalah..
teman-temanku semua dari keluarga baik-baik dan beragama. ikutlah aku kedalam semua itu.
aku bersyukur sekali lgi bisa mengenal mereka. mereka juga yang membuatku memiliki sebuah pagar sekarang, pagar disini maksudnya batasan. aku jadi tau batasan" yang tidak boleh aku lakukan. ini juga pentingnya kita menyaring pertemanan. bagaimanapun juga teman itu jadi faktor perubahan diri kita. aku sayang kalian rek.. :*

                                                                 teman-teman SD ku..

                                                   teman-teman SMP Negeri 38 Surabaya

                                                       sahabat" SMA Negeri 8 Surabaya

                                                          sahabat-sahabatku tersayang
                                                  teman-teman SA-2 STIESIA Surabaya


selain teman, pacar juga jadi salah satu faktor perubahan diri kita.
namanya juga masih remaja, aku masih labil.
cuma 5 kali pacaran (di jaman sekarang ini pacaran cuma 5 kali itu dikit bnged. tapi bwad apa jg pacaran banyak2? smkin banyak mantan semakin menyusahkan hati kan)
tapi ak sdah berpengalaman.
dari brondong yang anak baik2 smpe anak yang broken home dan bejat pun aku pernah.. tapi asiknya, kebanyakan mereka itu dekat dengan ibunya. aku suka bged sama cwo yang hubungan dengan ibunya itu baik. :)
dari alhamdulillah yahh yang model keg bgtu ga lama jalannya sama aku..
yang lama jalan ma aku pasti dari keluarga baik-baik, otomatis perilaku mereka juga baik.
sholatku makin tekun juga karena pacar, puasa sunnah juga, tapi jangan salah, bukan karena ingin cari muka sama pacar tapi setidaknya dia menjadi motivatorku untuk lebih taat beribadah.
sifatku yang keras dan kasar sudah mulai lunak dan lembut (sedikit) karena cwoku yang sekarang sifatnya keg begitu. ya sudah seharusnya aku berlaku seperti itu juga.
aku yang doyannya bangun siang dan melupakan sholat subuh sekarang sudah rajin sholad dan bangun pagi terus.
kalo aku berubah seperti ini yang senang kn bukan ak aja, dia juga, keluargaku juga. :)
                                                              beyboo tersayang.. :* :')

lagi-lagi aku bersyukur dipertemukan oleh Allah dengan mereka semua, menjadi salah satu bagian kehidupan mereka. aku senang menjadi diriku yang sekarang. perubahan itu perlu dan harus menurutku asalkan perubahan itu menuju ke arah yang lebih baik bukan sebaliknya..

cintai mereka seperti mereka cintai hamba Ya Allah..
lindungi mereka seperti mereka melindungi hamba ya Allah..


No comments:

Post a Comment